Friday, March 29, 2013

10 Cara Mudah Mendapatkan Judul Tugas Akhir

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara mendapatkan Judul Tugas Akhir, artikel ini saya tujukan kepada pembaca yang sedang mencari judul tugas akhir. disini saya bukan membagikan judul tugas akhir tapi sekedar tips atau kiat-kiat supaya ide untuk judul tugas akhir itu muncul. untuk mendapatkan ide judul tugas akhir ada beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya sebagai berikut :

1. Baca buku,
    baca buku yang berkaitan dengan jurusan, baca buku di pustaka, cari buku di toko buku, majalah.

2. lihat contoh punya senior,
    datang ke pustaka, atau cari diinternet contoh tugas akhir senior,

3. minta saran dengan pembimbing,
    minta saran dengan pembimbing tuags akhir, seandainya judul yang diajukan ditolak bilang saja "pak atau bu saya sudah kehabisan ide, saya minta saran dari bapak atau ibu untuk judul tugas akhir saya bagaimana bagusnya". bilang dengan lemah lembut insya allah dosen mau memberi saran.

4. tanya di group-group,
    bergabunglah denagan komunitas yang sesuai dengan jurusan yang banyak diinternet, tanyakan disana.

5. minta saran dengan teman-teman satu jurusan
    jangan segan-segan untuk bertanya pada teman, mana tau ada yang punya judul berlebih.

6. Terus berdoa dan jangan putus asa.

7. Jangan mengangkat judul dari apa yang kita bisa saja,
    sebenarnya tugas akhir ialah kita belajar sendiri, tidak harus atau tidak selalu yang ada di pelajari dikampus. kalau kita hanya mengangkat judul apa yang telah kita bisa saja tidak ada ilmu baru yang didapatkan selama membuat tugas akhir. carilah hal baru, anggap itu sebagai tantangan yang harus diselesaikan.

8. berpikirlah bahwa anda bisa dan anda mampu,
    jangan mengatakan bahwa ini saya tidak bisa, itu saya tidak bisa. kalau begitu sampai kapanpun tak akan pernah bisa. karena pikiran kita ibarat saklar listrik on/off jika kita mengatakan bisa maka arus akan mengalir mencari jalan, jika kita mengatakan tidak bisa maka tak akan menemukan jalan. walaupun keadaan sebenarnya kita tidak bisa, terima saja tantangan itu dulu, solusi bisa dicari, bisa dg buku bisa belajar dengan orang yang menguasai ilmu dibidangnya.

9. Percayalah masa sulit itu pasti berlalu
    setelah kesulitan ada kemudahan, begitulah islam mengajarkan kepada kita sebagimana tercantum dalam al qu'ran. ibarat pendaki berapapun tinggi gunung pasti akan berada dibawah telapak kaki kita apabila kita telah menakluknya. begitulah masalah apabila telah terselesaikan maka terasa mudah mengerjakannya, cobalag lihat pada masalah-masalah masa lalu kita, ujian nasional ketika SLTA misalnya saat itu mungkin kita berpikir kita tak akan mampu melewatinya tapi sekarang kita lihat kebelakang ternyata kita mampu menyelesaikan masalah itu.

10. Sabar
      kesabaran diperlukan dalam mencari judul tugas akhir, kalau putus asa berarti jalan buntu. pengalaman saya saya telah mengajukan judul 5 x tapi belum di acc saya berpikir kapan ya judul saya bisa di acc terkadang timbul pikiran pesimis, saya tanya teman yang lain ternyata mereka ada yg 9x mengajukan judul belum di acc disanalah saya mulai sadar bahwa ada yang lebih sulit dari saya perjuangannya,

demikianlah beberapa cara mendapatkan judul tugas akhir semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya tetap semangat dan optimis

Artikel Terkait

5 comments

masih semester v tapi udah penat. artikel ini bikin semangat lagi haha tks!

artikelnya menambah semangat,, thx gan

Terimakasih ya mas, cukup membuat semangat saya bangkit lagi :)


EmoticonEmoticon