Friday, March 29, 2013

Istilah Istilah Dalam Flash

Tags



ANIMASI
Menggambarkan objek yang bergerak agar kelihatan hidup. Membuat animasi berarti menggerakkan gambar seperti kartun, lukisan, tulisan, dan lain-lain.

ANIMASI CELL
Gagasan dasar dari animasi cell (celluloid sheet, semacam kertas transparan) adalah satu gambar dibuat untuk frame. Perubahan kecil dibuat dalam frame-frame berikutnya, samapi perubahan yang berarti merupakan pada keyframe lain. Animasi yang dibentuk oleh frame-frame anrata dua keyframe, biasanya dibuat oleh seorang animator tersendiri, tetapi kemajuan teknologi informasi memungkinkan komputer untuk menyelesaikannya.

ANIMASI FRAME BY FRAME
Animasi frame by frame (frame by frame animation) adalah animasi yang dibuat berdasarkan frame, dimana setiap frame adalah keyframe sehingga setiap frame sangat berarti dalam animasi.

ANIMASI SHAPE TWEENING
Animasi shape tweening adalah animasi perubahan bentuk (shape), seperti morphing, yaitu perubahan dari satu bentuk kebentuk yang lain. Selain bentuk, lokasi, ukuran dan warna juga dapat dibuat tweening.

ANIMASI TWEENING
Animasi tweening (tweened animation) adalah animasi dimana keyframe merupakan kunci yaitu salah satu frame yang penting dalam pembuatan animasi. Dua keyframe membentuk animasi dengan adanya frame-frame diantaranya.

BERORIENTASI OBJEK
Berorientasi objek mempunyai pengertian bahwa masalah diorganisasi sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki struktur data dan perilakunya.

BOOLEAN
Boolean adalah tipe data yang mempunyai nilai true atau false

BREAKING APART BITMAP
Breaking apart bitmap memisahkan piksel menjadi area diskrit yang dapat diseleksi dan dimodifikasi tersendiri. Bitmap disebut kemudian dapat dimodifikasi dengan painting tool yang ada pada flash, seperti fill, lasso, magic wand, dan lain lain.

COMMON LIBRARIES
Common libraries adalah library yang sudah ada dan disediakan oleh flash untuk digunakan, sehingga tidak perlu membuatnya lagi. Dalam common libraries terdapat button, graphics, learning interaction, movie clips, smart clips, dan sound.

DEVICE FONT
Device font adalah font yang digunakan sesuai dengan yang ada pada komputer lokal. Bila device font tidak ada pada komputer lokal, flash player akan mengambil font yang mirip dengannya. Pemilihan device font berakibat tidak sesuainya dengan desain yang dibuat. Hal ini disebabkan karena komputer yang digunakan oleh pengunjung tidak selalu memiliki font yang sama.

DYNAMIC TEXT
Teks ini memiliki banyak pilihan dalam mengatur tampilannya di movie flash. Dynamic teks menyediakan variabel pada movie, seperti menampilkan nilai pada game.

EMBEDED FONT
Embeded font adalah font yang telah diinstall pada sistem dan akan disertakan (embed) pada file SWF.

Artikel Terkait

1 comments so far


EmoticonEmoticon