Tuesday, March 26, 2013

Mahasiswa Pascawisuda

Mahasiswa Pascawisuda, sedikit kontra judulnya, mahasiswa tapi pascawisuda kalau pascawisuda ya bukan mahasiswa lagi namanya, bisa jadi pascasarjana kalau melanjutkan kuliah ke S2 itu baru benar. makna judul diatas yang sebenarnya ialah kemana tujuan mahasiswa setelah wisuda. hidup ini memang pilihan, terbukti apapun selalu dihadapkan dengan pilihan bahkan tidak memilihpun adalah pilihan. baik para pembaca yang budiman pada saat menulis artikel ini saya pun sedang dihadapkan dengan pilihan pilihan. kembali kepada topik, ada beberapa pilihan mahasiswa setelah wisuda diantaranya :

1. Bekerja sebagai Pegawai Swasta
2. Bekerja sebagai Pegawai Negeri
3. Jadi Pengusaha
4. Melanjutkan Studi
5. Menikah
6. Menganggur

itulah beberapa pilihan yang ada dipikiran saya saat ini mungkin pembaca sekalian bisa menambahnya sendiri, mulai dari pilihan yang pertama yakni Bekerja sebagai Pegawai Swasta. Pekerjaan ini cukup bagus, Mahasiswa Pascawisuda (baca : Alumni) dapat menerapkan ilmu yang didapat dikampus pada dunia kerja bisa jadi diperusahaan besar maupun kecil, penghasilan dari pekerjaan ini pun tergantung ada yang banyak, ada yang lumayan atau pas pasan dan ada juga yang kurang. namun bersyukurlah bagi yang memilih pilihan ini karena telah menjadi orang yang produktif.

Pilihan kedua Bekerja sebagai Pegawai Negeri, ini juga merupakan pilihan yang cukup bagus mengabdi kepada negara. pilihan ini merupakan pilihan yang cukup banyak peminatnya berdasarkan survei saya di masyarakat. saya juga tidak tahu mengapa banyak orang yang ingin memilih pilihan ini sebagai pilihan, mungkin terlihat senang sebagai Pegewai Negeri, mungkin juga pekerjaannya ringan maklum orang indonesia banyak yang pemalas, ingin penghasilan besar tapi ingin pekerjaan yang ringan, yah inilah kenyataannya sayapu juga ingin penghasilan yang besar dan pekerjaan yang ringan sebenarnya. tapi saya sendiri ini bukan lah pilihan pertama bagi saya, ada beberapa alasan kenapa ini bukan pilihan pertama bagi saya diantaranya gaji sedikit, banyak hutang, meraih pekerjaan ini pun susah terkadang bahkan bukan terkadang lagi sudah sering dan sudah menjadi rahasia umum kalau mau jadi pegawai negeri harus bayar sekian. menurut saya ini suatu kebodohan, mencari kerja, bekerja seharusnya dibayar mahal bukan harus membayar. tapi entahlah masih ada juga yang mau, mungkin saja mindset kita tidak sama.

Pilihan ketiga, jadi Pengusaha atau entrepreneur. menurut saya inilah pilihan yang paling bagus karena Penghasilan kita yang menentukan mau berapa, bebas tanpa ada perintah perintah bahkan kita bisa memerintah (jadi bos). tapi pilihan ini juga tidak semudah mengatakan harus siap mental kalau memilih pilihan ini, dengan pilihan ini bisa jadi orang kaya dan bisa juga jadi orang miskin bahkan lebih miskin dari orang miskin alias bangkrut.

Pilihan keempat, Melanjut Studi atau kuliah lagi. ini biasanya pilihan bagi yang orang tuanya mampu. pilihan ini cukup bagus juga karena bisa menikmati pendidikan dan manuntut ilmu lebih banyak lagi. beruntung dan bersyukurlah bagi yang bisa mendapatkan pilihan ini.

Pilihan kelima, Menikah. pilihan ini biasanya banyak dipilih oleh kaum hawa namun tidak selalu. bagi kaum adam yang memilih pilihan ini harus telah memilih pilihan 1, 2 dan 3 di atas. jika pilihan terkahir yang dipilih jangan harap bisa memilih pilihan ini. pilihan ini juga cukup bagus, bisa hidup bahagia, tidak sendiri lagi dan bisa punya anak jika tuhan menghendaki.

Pilihan keenam, pilihan terakhir : Pengagguran. pilihan ini pilihan yang paling buruk. pilihan ini ikut menghancurkan negara, ikut berbbuat kerusakan. jauhilah pilihan ini. kalaupun terpaksa memilih pilihan ini lakukanlah kreatifitas minimal blogging seperti saya dari pada cuma update status galau di fb. orang yang memilih pillihan ini sebenarnya bukan pilihan nuraninya tapi karena terpaksa.entah siapa yang memaksa saya juga tidak tahu orangnya. keadaan. nah keadaanlah yang pas dikatakan yg memaksa orang memilih pilihan ini.

itulah pilihan - pilihan mahasiswa pascawisuda, silakan pilih mau yang mana. pilih sesuka hati asal jangan pilih yang terakhir.
demikianlah artikel singkat ini semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon