Wednesday, March 27, 2013

Tips Aman Belanja Online

Tips Aman Belanja Online, Belanja online sudah tidak asing lagi pada zaman sekarang apalagi dengan teknologi yang semakin berkembang dan semakin murah, internet sudah ada dalam genggaman belanjapun semakin mudah via tablet, smartphone, laptop maupun komputer desktop. dengan internet yang jauhpun bisa jadi dekat, dari pelosokpun bisa langsung belanja ke ibu kota jakarta, barang bisa langsung sampai ke depan pintu rumah apalagi dengan banyaknya kemudahan pengiriman via tiki, kurir atau juga dengan COD (Cash On Delivery).
namun dengan berkembangnya teknologi dan dengan adanyanya kemudahan ada juga pihak pihak yang ingin memanfaatkan keadaan, untuk itu harus berhati hati dalam belanja jangan sampai jadi korban penipuan. untuk menghindari hal itu berikut ini saya berbagi tentang cara aman belanja online berdasarkan pengalaman saya sendiri.
tips aman belanja online :

1. Amati Webnya, apakah web tempat belanja itu aman atau tidak,
    tanya pada teman apakah sudah pernah belanja di web ini, tanya di forum atau serach di google dengan kata kunci alamat web/url + kata penipuan. lihat hasilnya.

2. amati tampilan web apakah web tempat belanja tampilannya profesional ataukah biasa biasa saja,
    biasanya kalau web toko online tampilannya lebih profesional dibandingkan web atau blog-blog biasa

3. lihat domainnya
    biasanya toko online terpercaya menggunakan TDL (top level Domain), contohnya dot com, yang lebih terpercaya lagi adalah domain dot co.id ini domain indonesia, untuk memiliki domain ini diperlukan beberapa data yg membeli domainnya KTP misalnya jadi kalau yang punya domain mau menipu bisa ketahuan.

4. perhatikan isi webnya,
    biasanya web yang aman dan terpercaya untuk belanja dilengkapi dengan testimonial para pembeli, syarat dan ketentuan, panduan belanja, alamat jelas pemilik web, no hp, no rekening, nama jelas, yahoo messanger.

5. pembeli jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah, jauh dari yang biasanya. penipu sering memberikan harga sangat miring untuk menarik hati pembeli.

6. hati hati jika toko online mengaku dari batam, toko online dari batam paling banyak penipu yang pernah saya temukan. apalagi barang yang dijual elektronik. pengalaman saya ada sebuah toko online batam yang menjaual smartphone, kamera, laptop dan barang-barang elektronik lainnya, menjual dengan harga yang sangat murah, separoh dari harga, saya pun tergiur akhirnya saya coba order tapi belum saya bayar dia ngaku berada di batam kebetulan saat itu saya juga dibatam saya bilang dg yang punya toko saya mau COD atau datang langsung ke outlet, pemilik toko online bilang "mas harus transfer separoh dulu, baru kita ketemu di mall". dengan kata2 ini sudah jelas sekali aksi yang dilakukan adalah penipuan, diajak ketemu mintanya transfer dulu.

itulah beberapa tips belanja aman diinternet, berikut ini beberapa web toko online terpercaya rekomendasi dari saya :
1. lazada.co.id
2. zalora.co.id
3. radatime.com
4. biobses.com
5. etalasemuslim.com
6. bhineka.com
7. hendihen.com
8. bookoopedia.com

demikianlah tips aman belanja online,selamat berbelanja online. Pembaca yang baik dan sopan adalah yang meninggalkan komentar setelah membaca.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon