Tuesday, May 28, 2013

Tips Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu

baru baru ini saya bertengkar dengan pemilik akun fb palsu, pemilik akun fb palsu tsb mengaku seorang cewek cantik dg memasang PP cantik, semua laki-laki normal pasti tergiurlah melihatnya. sudah hampir 2 minggu dia add sy sebagai teman namun belum sy konfirmasi karena sy tau itu akun fb palsu, tiba-tiba saja dia mencolek/poke sy, sy balas colekannya dan dia pun membalas kembali sehingga terjadilah jual beli colekan antara kami. akhirnya sy konfirmasi pertemanan, sy tanya kamu siapa ? dia ngaku dia adik junior sy satu kampus bahwa dia masih kuliah, ketika sy tanya lebih detail tentang dia jawabannya bertele tele, timbul ide sy untuk melakukan "penipuan" kembali terhadap dia sy bilang "kamu jangan macam2 dg sy, sy ini orang IT tak bisa main tipu2 dunia initernet ini dunia sy, sy tau km akun fb palsu sy bisa lacak IP address km, sy bisa lacak posisi km, sy bisa lacak perangkat apa yg kamu gunakan mengkases fb, km mau sy laporkan ke pihak yg berwajib ?" dengan begitu saja nyalinya langsung ciut sebagi pemilik akun fb palsu, sy diblokirnya, syukurlah.

berikut ini cara mengetahui akun fb palsu yg sy dapatkan dari sebuah group, semoga anda tidak terjebak atau tertipu oleh akun fb palsu :

Tips Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu - Setiap detiknya pengguna situs jejaring sosial terpopuler dunia ini terus meningkat, hingga kini sudah berjuta-juta pengguna yang terdaftar, terdiri dari berbagai kalangan usia. Diantara jutaan member facebook tersebut, tidak sedikit dan bahkan mungkin ribuan diantaranya adalah akun palsu, akun yang d
ibuat dengan tujuan iseng maupun penipuan.

Bagaimanakah cara mengetahui akun facebook palsu? berikut ini ada beberapa trik yang saya lakukan untuk 'meneliti' apakah akun facebook tersebut asli atau palsu.


Tips Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu Ala Saya :
  1. Target pengamatan biasanya akun cewe,
  2. Koleksi foto, meskipun pemilik akun facebook bukan pengidap narsisme, tapi umumnya pemilik akun facebook asli akan memiliki koleksi foto yang berjumlah puluhan, entah itu foto diri, atau foto dokumentasi kegiatan pemilik akun (foto dengan latar waktu dan tempat berbeda-beda namun terdapat foto pemilik akun), selain itu foto juga tidak harus koleksi pribadi pemilik akun, bisa dari foto teman yang ditag dengan si pemilik akun, jika pada satu akun hanya terdapat kurang dari 10 foto, maka akun ini patut dicurigai sebagai akun palsu, apalagi dari sedikit foto tersebut memperlihatkan penampilan yang menggoda,
  3. Info pribadi, setelah melihat koleksi foto, selanjutnya amati info pribadi yang tersedia, biasanya akun palsu tidak memiliki info yang mendetail, meskipun untuk yang satu ini dapat direkayasa, diisi lengkap dengan info yang palsu juga,
  4. Alamat email, dalam kolom info tidak jarang pemilik akun juga menampilkan alamat emailnya, saya pernah menemukan 1 akun palsu dengan foto dan nama cewe, tetapi alamat email yang digunakan adalah nama cowo, hehe, ce-ro-boh :D
  5. Jumlah teman mayoritas cowo, dan dalam wall juga dapat dipastikan 99% tidak ada interaksi dengan teman si pemilik akun, tidak ada diskusi, atau tag status, dll, hanya dipenuhi komentar dari teman-teman cowo yang terjebak pemilik akun ini, wall penuh dengan pesan 'thanks for confrm', atau gombalan dari korban-korban cowo akun tersebut
Dari sekian titik pengamatan di atas, yang paling susah direkayasa oleh pemilik akun palsu adalah koleksi foto, kebanyakan foto profil dan koleksi foto lainnya diambil dari internet, dan jumlahnya pun terbatas (tidak sampai puluhan atau ratusan kecuali foto artis).
Note : Hasil pengamatan diatas tidak mutlak memastikan bahwa akun tersebut palsu, tetapi hal-hal yang saya sebutkan diatas biasanya/umumnya ada dan dapat diamati pada akun facebook palsu. Hal terbaik untuk memastikan akun tersebut asli atau tidak adalah dengan mengenal pemilik akun tersebut lebih jauh, kopdar kalo bisa, atau hanya melakukan pertemanan dengan orang yang sudah benar-benar dikenal, kecuali memang pengen iseng berteman dengan akun palsu ya silahkan saja.

Tips Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu di atas juga tidak dapat digunakan untuk mengetahui akun asli yang sudah dibajak dan diambil alih oleh orang lain (beda kasus, beda cara).

Penting! Internet tidak hanya ada facebook, ada begitu banyak hal tersedia di sana, manfaatkanlah internet untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan ilmu. Sesekali penting untuk mengunjungi situs lain selain facebook, misalkan situs berita, blog, situs forum seperti kaskus.us atau lainnya.

sumber : https://www.facebook.com/groups/MyTopTeam/doc/435566516485938


Artikel Terkait

1 comments so far

gue biasa beli sofware di www.TERLACAK.com bro....
Pilih sofware yg Pelacak identitas asli pemilik akun Fb....
menurut gue si agak mahal,,150rb,,haha maklum pelajar....
tapi mantab abissss...ketauan identitas pemilik sebenernya
ketauan juga paswod fbnya,,wkwkwkwk...


EmoticonEmoticon