Monday, September 30, 2013

ingin sehat, ingin tubuh kuat ? Lakukan olahraga ini

Dengan melihat realita yg ada, manusia diciptakan Allah sebagai makhluk yg dituntut untuk banyak bergerak. banyak contoh disekitar kita, orang yg sering sakit sakitan adalah orang yg kurang bergerak, orang yg tubuhnya kurang proporsional adalah orang yg kurang bergerak. ingin hidup sehat, ingin tubuh terlihat indah ? tentunya dengan banyak bergerak (olahraga). ibarat air, air yg tergenang itu banyak menyimpan kuman penyakit dibandingkan air yg mengalir. ibarat orang bersepeda, akan terjatuh jika tidak bergerak/mengayuh sepeda. ibarat berenang, orang akan tenggelam jika tidak bergerak.
kesehatan adalah hal yg sangat penting didunia ini, setiap ketemu sesama tentu yg ditanya apa kabar ? baikkah atau sehatkah ? tidak ada yg nanya berapa banyak harta yg anda miliki. untuk beribadah, untuk bekerja, apapun itu kita harus sehat.
disini saya akan berbagi tentang olahraga sederhana yg mudah dilakukan tapi sangat bagus untuk kesehatan, olah raga berikut ini adalah olah raga yg sering digunakan untuk tes kessamaptaan jasmani pada rekruitmen polisi, tentara atau tes kesehatan lainnya. bahkan beberapa instansi melakukan tes olah raga ini dalam kurun waktu tertentu, 3 bulan atau 6 bulan sekali untuk melihat kondisi kesehatan anggota. olah raga berikut ini bisa dilakukan siapa saja, sangat bagus dilakukan secara rutin bagi yg ingin menjadi aparat penegak hukum, tentara dsb.
latihan pembinaan fisik itu adalah sebagai berikut :

1. Latihan Lari Selama 12 Menit
Latihan pertama yaitu lari selama 12 menit. Sebaiknya lakukan latihan ini dengan mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran standar 400 meter. Untuk calon peserta pria setidaknya dapat mencapai 6 kali (2400 meter) selama 12 menit tersebut. Untuk calon wanita setidaknya mencapai 5 kali (2000 meter). Lakukan latihan lari ini secara rutin agar kemampuan dapat meningkat dari waktu ke waktu.
saya pribadi sering melakukan olah raga ini pagi hari, pagi minggu karena pagi hari udaranya masih segar belum banyak polusi, stamina lebih kuat sore hari dari pada pagi hari karena mungkin sore hari panas seperti mesin diesel makin panas makin kuat (eksperimen sendiri)

2. Pull Up (untuk pria), Chinning (untuk wanita)
Latihan berikutnya adalah melakukan pull up (pria) dengan cara seperti bergantung pada tiang horizontal seperti gambar kemudian menarik badan keatas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus. Setidaknya lakukan latihan ini sebanyak 10 kali, dengan gerakan yang sempurna. Lebih baik sedikit demi sedikit tetapi sempurna dari pada banyak tapi gerakannya tidak sempurna.
saya pribadi sering melakukan olah raga ini di pintu atau dipohon didepan rumah, saya lakukan sebelum mandi biar tidak dingin. itu dulu, sekarang saya sudah punya sarana untuk latihan pull up
Untuk wanita lakukan chinning dengan berdiri di depan tiang mendatar, dengan kaki tetap menginjak tanah, kemudian tarik badan ke depan dan kembali ke belakang, setidaknya lakukan sebanyak 40 kalo secara sempurna.

3. Sit Up
Sit Up secara mudahnya adalah gerakan duduk-bangun. Lakukan latihan untuk memperkuat otot perut. Posisi tangan dianyam di belakang kepala. Ketika bangun upayakan sampai mencium lutut. Lakukan gerakan ini minimal 35 kali untuk pria dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit.

4. Push Up
Push Up adalah gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki. Untuk laki-laki bertumpu pada ujung kaki, dan wanita bertumpu pada lutut. Saat turun badan tidak menyentuh tanah, dan pada saat naik tangan kembali lurus. Lakukan gerakan secara sempurna untuk laki-laki setidaknya 35 kali dan 30 kali untuk wanita. Seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit.
dalam olahraga bela diri ketika push up tangan diminta mengepal (membentuk pukulan) dulu saya sampai hitam tangan karena sering push up, tapi dalam militer tangan diminta terbuka seperti gambar diatas

5. Shuttle Run (Lari Angka 8)

Shuttle run adalah lari membentuk angka 8 diantara 2 buah tiang yang berjarak 10 meter sebanyak 3 kali sampai kembali ke tempat start semula. Tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta. Upayakan waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik.

6. Renang
Lakukan latihan renang dengan gaya bebas (gaya apa saja yang dikuasai). Berlatihlah berenang setidaknya mencapai jarak 25 meter.
saya pribadi senang berenang kalau dikampung, karena dekat dengan sungai dan danau. kalau berenang dilaut bikin mata terasa pedih. kalau berenang dikolam renang umum butuh biaya setiap kali renang selain itu airnya kurang bersih karena banyak orang yg berenang dalam satu kolam renang.

inilah beberapa olahraga dasar untuk meningkatkan kekuatan fisik, akan lebih baik lagi ditambah dengan olahraga lain seperti beladiri, sepak bola, bola voli, bulu tangkis dan lain lain. jangan lupa imbangi dengan makan beragam dan seimbang serta istirahat yg cukup.
tulisan ini dikutip dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. salam olahraga

Artikel Terkait

1 comments so far


EmoticonEmoticon