Wednesday, January 28, 2015

ingin jadi web designer, web developer atau webmaster ? ini skill yang harus anda kuasai

web designe web developer webmaster

pernah dengar kata "web designer", "web developer" atau "webmaster" ? mungkin anda pernah bercita cita atau ingin menjadikan salah satu dari tiga itu sebagai profesi ? tahukah anda apa perbedaan dari web designer, web developer dan webmaster ?

secara ringkas saja, web designer itu orang atau sekelompok orang yang bergerak dibidang web mereka lebih menguasai di bidang tampilan suatu website minimal untuk web designer menguasai dengan mahir HTML, CSS dan desain grafis.

web developer artinya orang atau sekelompok orang yang ahli di bidang web programming, mereka lebih menguasai membuat aplikasi berbasis website, web developer menguasai HTML, CSS, desain grafis dan lebih menguasai database dan web programming server side misalnya PHP. mereka lebih mengutamakan membuat aplikasi sehingga sering kali dari segi tampilan terabaikan oleh mereka.

bagaimana dengan webmaster ? dari nama saja kita sudah tau, pastilah yang ketiga ini memiliki kelebihan dari yang dua sebelumnya. nama saja master, ahli. mereka orang yang mencapai tingkat expert dalam bidang website tentu menguasai ilmu web designer, web developer dan plusnya mereka juga menguasai SEO atau internet marketing serta masalah masalah website lainnya.

anda pilih jadi yang mana ? ingin jadi web designer, web developer atau webmaster ? semuanya bagus. tergantung anda lebih menyukai yang mana. saya sendiri bercita cita jadi webmaster.
selanjutnya apa saja skill yang harus dikuasai untuk menjadi webmaster ?
berikut ini adalah skill minimal yang harus dikuasai oleh webmaster, ingat ya ini MINIMAL, kalau anda ingin menguasai lebih itu boleh dan sangat bagus, apalagi itu mendukung skill yang minimal ini.

1. HTML
    html adalah bahasa markup yang digunakan untuk membangun halaman halaman website, ini wajib anda kuasai jika anda sering berkaitan dengan masalah website. kalaupun anda hanya sebagai blogger atau penguna CMS sekalipun wajib menguasai HTML setidaknya untuk merubah tampilan warna dan lain lain. html ini mudah dipelajari, tidak mengggunakan hitung hitung ataupun logika yang rumit, asal mau baca dan coba anda akan bisa.

2. CSS
    CSS ini adalah kumpulan kode web programming yang berguna untuk mengatur komponen didalam web sehingga lebih rapi dan terstruktur. anda dapat membuat layout website yang bagus dengan menguasai html dan jugaa css

3. Database/SQL
    jika anda hanya sebagai blogger yang mempublish suatu tulisan saja anda tidak perlu menguasai database, anda cukup menguasai apa yang akan anda publish saja. tapi jika anda ingin jadi webdeveloper atau pembuat aplikasi web yang melibatkan interaksi antara user dan admin maka anda perlu menguasai database

4. PHP
    setelah megnuasai database, anda perlu belajar PHP. PHP adalah bahasa pemrograman web. PHP bisa menghubungkan antara user interface dan database, php bisa disisipkan pada html

5. Javascript/jQuery
     untuk membuat web yang kelihatan lebih hidup anda baiknya menguasai javascript, seperti membuat iklan melayang, iklan timbul hilang, slider dan lain lain

6. desain grafis
    ilmu desain grafis berguna disaat anda ingin membuat banner, membuat header, membuat logo, membuat favicon dan yang lainnya yang bersifat gambar. diantara aplikasi yang bagus anda pelajari adalah adobe photoshop untuk memanipulasi gambar, adobe flash untuk bikin animasi, corel draw untuk mebuat desain desain gambar dan banyak aplikasi yang lainnya minimal 3 aplikasi ini sudah cukup.

7. web security
     web security atau kemanan web ini berguna untuk keamanan website anda dari serangan orang yang tidak bertanggungjawab, web security masih berkaitan dengan bhasa pemrograman ditambah dengan program lainnya yang berkaitan.

8. SEO
    SEO mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. teknik SEO berguna untuk eksistensi website anda di mesin pencari atau dengan kata lain untuk mendobrak jumlah pengunjung ke website anda. website anda yang online tidak ada artinya jika tidak ada pengunjungnya. pelajari ilmu seosebagai teknik pemarasan diinternet.

demikian postingan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. jika ada tambahan silakan ke kolom komentar



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon