Wednesday, January 28, 2015

inilah cara memilih tema atau template blog yang tepat

tips memilih template atau tema blog
memilih template atau tema blog adalah hal yang sedikit membingungkan bagi blogger pemula, ketika menemukan satu template atau tema blog yang bagus berkeinginan untuk menggunakannya, ketika ketemu yang lebih baik lagi berubah pikiran ingin ganti template atau tema lagi. begitulah terus menerus hingga kegiatan blogging yang intinya adalah menulis artikel atau memposting artikel akhirnya terlupakan karena keasyikan gonta ganti template saja. segala sesuatu ingin dicoba itulah karakter blogger pemula.

bagaimana cara memilih template atau tema yang baik untuk blog? disini saya akan memaparkan sedikit pengalaman saya bagaimana memilih template yang tepat atau yang tepat untuk blog. jika bisa mendesain sendiri kita bisa menentukan mau yang bagaimana, jika belum bisa banyak dijual yang premium dan kalaupun mau yang gratisan juga banyak bertebaran dijagat raya internet. "template" biasa digunakan untuk penyebutan blog berflatform bloger sedangkan "tema" biasa digunakan untuk penyebutan blog yang berflatform wordpress.

berikut ini tipsnya untuk anda :

1. pilihlah template atau tema yang sesuai dengan jenis blog anda
    jika blog/website anda adalah website/blog personal maka pilihlah template atau tema yang simple, jika blog anda adalah blog berita atau blog dengan banyak topik maka pilihlah template atau tema yang memiliki banyak kategori
 
2. pilihlah template atau tema yang memiliki tampilan yang bagus
    template atau tema yang bagus itu artinya yang mengandung nilai estetika artinya enak dipandang oleh mata. pilih yang warnanya tidak mencolok, pilih yang menggunakan sedikit kombinasi warna. sebagai referensi bisa lihat tampilan jejaring sosial facebook atau portal berita tribun mereka menggunakan sedikit kombinasi warna
 
3. pilihlah template atau tema yang fast loading
    template atau tema yang fast loading artinya ketika diakses hasilnya tampil cepat tidak lelet, karena kita tau internet diindonesia kecepatannya siput sebagian besar. kurangi widget, kurangi menggunakan javascript, gunakan background warna saja kalaupun ingin menggunakan gambar pilih yang ukuran kecil. jika ingin memposting gambar usahakan gambarnya telah di resize atau dikompress biar lebih kecil ukurannya lebih cepat loadingnya. biasakan membuat readmore pada postingan.

4. pilihlah template atau tema yang SEO
    pilih template atau tema yang SEO, apalagi untuk blogger pemula yang belum begitu menguasai teknik SEO sangat dianjurkan menggunakan template atau tema yang SEO.

5. pilihlah template atau tema yang responsive
    template atau tema yang responsif artinya yang dapat menyesuaikan tampilannya ketika dibuka dengan perangkat apapun baik itu desktop, laptop, tablet ataupun mobile. para desainer telah banyak membuat template yang responsif.

saya sendiri masih belajar membuat template atau tema, saat ini saya masih menggunakan template karya kang mousir. demikian sedikit tips dari saya semoga bermanfaat bagi sahabat blogger semuanya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon