Sunday, May 24, 2015

Membuat Paspor Semudah daftar akun facebook tanpa upload berkas

Tags

Beberapa waktu lalu saya membuat paspor secara online di Batam, paspor adalah buku atau kartu legalitas untuk keluar negeri. membuat paspor bisa secara manual (langsung datang ke kantor imigrasi) bisa juga mendaftar secara online (mendaftar online dulu sebelum datang ke kantor imigrasi). membuat paspor secara manual membutuhkan waktu 3 x datang ke kantor imigrasi sedangkan membuat paspor secara online hanya datang 2 x saja yakni datang penyerahan berkas sekalian wawancara dan datang untuk pengambilan passpor. memuat paspor secara online lebih mudah dibanding secara manual karena lebih hemat waktu. Alhamdulillah pemerintah memberikan kemudahan kepada kita dengan pemanfaatan teknologi informasi, dari pada bikin paspor via calo bayaran yang lebih kita pun tidak tau prosedur pembuatannya seperti apa. sebelumnya pembuatan paspor secara online harus upload file seperti scan KTP, KK, Akte/Ijazah. sekarang tidak lagi.

untuk membuat paspor secara online tentu anda harus bisa menggunakan internet dan memiliki alamat email. selanjutnya persiapkan berkas berikut ini : 


1. KTP (foto copy 1 lembar)
2. KK (foto copy 1 lembar)
3. Akte Lahir atau Ijazah Terakhir (foto copy 1 lembar)
4. Uang Rp. 360.000

langkah mendaftar online :

kunjungi web http://imigrasi.go.id  pilih menu layanan publik, pilih layanan paspor online maka anda akan sampai pada halaman XPRI https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/InetMenu.jsp  selanjutnya pilih pra permohonan personal

selanjutnya isi data sesuai dengan indentitas yang anda miliki : 
pilih paspor baru-paspor biasa,
jenis paspor 48H perorangan,
no rekomendasi kosongkan saja,
lokasi imigrasi pilih sesuai dengan tempat anda membuat paspor,
isi data sesuai KTP,
no identitas pilih KTP dan masukan nomor NIK,
tanggal ID dikeluarkan dan berlaku hingga lihat di KTP.

di batam

selanjutnya pengisian data alamat, isikan alamat dengan benar

di batam

selanjutnya informasi pembayaran dan konfirmasi permohonan,


di batam

selanjutnya cek email anda, buka email yang dikirim dari imigrasi. print file pdf yang di lampirkan. file pdf yang dilampirkan itu adalah pengantar untuk transfer biaya pembuatan paspor. bawa print out file tersebut ke bank BNI, biaya 355 ribu + administrasi 5000 jadi total 360ribu.

paspor online

 print out bukti pengantar ke bank ini, di bawa ke bank BNI

bikin paspor

setelah transfer ke bank BNI, simpan berkas pembayaran dari bank tsb. itu digunakan untuk penyerahan berkas dan juga untuk pengambilan paspor nantinya. selanjutnya buka email dari imigrasi tadi ikuti link yang ada pada email tsb. selanjutnya adalah konfirmasi pembayaran. masukan jurnal bank, masukan kode captcha yang terlihat dan pilih tangggal kedatangan anda ke kantor imigrasi.

paspor online

selanjutnya cek email, anda akan menerima email dari imigrasi mungkin kira kira 24 jam dari waktu konfirmasi pembayaran namun kadang bisa lebih cepat. print file pdf yang dilampirkan.

bikin paspor


print out bukti tanda terima permohonan seperti ini :

paspor online

urusan pendaftaran online telah selesai, selanjutnya datang ke kantor imigrasi sesuai dengan waktu kedatangan yang anda pilih secara online tadi.

tips datang kekantor imigrasi :
1.  sebelum berangkat ke kantor imigrasi, cek semua dokument yang dibutuhkan seperti :
     a. Photocopy KTP, (Photocopy khusus pembuatan passpor diperbesar)
     b. Photocopy KK
     c. Photocopy Akte Lahir atau Ijazah Terakhir
     d. Bukti Transfer BANK
     e. Bukti Tanda Terima Permohonan
     f.  Materai 6000 (untuk surat pernyataan)
     g. bawa dokument asli
2. datang sesuai dengan waktu yg telah ditentukan.
3. khusus untuk batam datang lebih awal kalau tidak mau terjebak antrian panjang. kalau bisa setelah shalat subuh sudah standby disana. saya kemarin datang jam 6.30 dapat no antrian 46. kantor buka memang jam 8, kita datang kesana antri diluar dulu, tarok botol minuman, helm atau topi. setelah kantor buka baru ambil nomor antri.
di batam

4. didalam akan dipanggil sesuai dg nomor antri, kelengkapan dokumen akan di cek oleh petugas, setelah semuanya lengkap akan diberikan no antrian untuk photo dan wawancara.
5. setelah photo dan wawancara berarti selesai, tunggu passpor siap kira2 3 hari atau seminggu. simpan bukti transfer bank untuk pengambilan passpor.
6. datang untuk pengambilan passpor dg membawakan butki transfer, ambil no antrian, tandatangan pada paspor, isi keterangan/absen.

di batam

7. selesai paspor anda telah jadi. silakan keliling dunia 

cara mudah bikin paspor

semoga bermanfaat,

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon